Kuliah Sambil Bekerja, Siapa Takut?! Ini 7 Keunggulannya

Alasan tiap orang memilih kuliah sambil bekerja ada bermacam-macam, mulai dari untuk menambah pengalaman dan karir sampai menambah sumber pendapatan.

Kadang orang enggan melakukannya karena dirasa ribet. Padahal banyak sekali lho manfaat yang kamu dapatkan jika kuliah sambil bekerja.

(pict: jobsid)

Beberapa keuntungan kuliah sambil bekerja berikut ini akan membuat kamu berpikir ulang untuk enggan melakukannya. Mau tau?

1. Kamu selangkah lebih maju
Kuliah sambil bekerja membuat kamu lebih unggul dibanding teman-teman yang hanya berkuliah saja. Di saat yang lain baru melamar pekerjaan setelah wisuda, kamu justru sudah terjun duluan di dunia kerja.

Kuliah sambil bekerja juga membuatmu lebih maju dalam hal wawasan dan pengalaman.

2. Meningkatkan karir dan kualitas diri
Kuliah sambil bekerja merupakan nilai plus yang bisa kamu bawa untuk meniti karir. Kamu tidak hanya cakap dalam akademis, tetapi juga dalam hal soft skill yang diperoleh saat bekerja. Sesungguhnya kamu sedang belajar tentang team work dan skill lainnya yang dibutuhkan untuk meningkatkan karirmu kelak.

3. Belajar bertanggung jawab
Menjalani dua profesi sekaligus memang bukan hal yang mudah, tetapi keduanya mengajarkanmu untuk bertanggung jawab. Kamu harus menyelesaikan tugas kuliah dan tugas pekerjaan secara bersamaan. Belum lagi jika kamu diperhadapkan dalam situasi genting dan harus menentukan satu di antara keduanya.

Sikap bertanggung jawab ini terbentuk secara tidak langsung dan menumbuhkan integritas dalam dirimu.

4. Menambah pengalaman
Pengalaman bekerja selama kuliah tentu berbeda dengan pengalaman berorganisasi maupun mengikuti komunitas. Pengalaman tersebut tentu akan membentuk kepribadianmu menjadi lebih dewasa, lebih bijak, dan menghargai proses. Pengalaman ini akan menjadi poin plus bagi kamu.

5. Memperluas relasi
Kamu tidak hanya mendapatkan lingkaran pertemanan sesama mahasiswa saja, tetapi juga terhubung langsung dengan para profesional dan belajar langsung dari mereka. Selama bekerja, kamu juga akan bertemu rekan dan client baru. Tentunya akan memperluas relasimu, bukan?

6. Belajar dalam manajemen waktu

Kuliah sambil bekerja mengajarkan kita mengatur waktu dengan bijak (pict: intensive intern)

Kamu akan memutar otak dalam mengatur jadwal antara kuliah sambil kerja. Secara tidak langsung, ini akan membentuk skill manajemen waktu yang baik. Kamu akan lebih menghargai waktu dan disiplin dalam mengerjakan tugasmu.

Skill ini dibutuhkan untuk menjadi seorang yang sukses dan kamu sudah melatihnya lebih dini.

7. Mandiri secara finansial
Kuliah sambil bekerja tentu akan menambah sokongan finansial. Kamu bisa membiayai uang kuliah sendiri tanpa perlu membebani orang tua. Kuliah sambil bekerja juga akan membantumu mengatur finansial sejak dini dan tidak sembarang menggunakannya karena itu adalah hasil usaha kerja kerasmu.

Nah, itulah ketujuh keunggulan yang kamu miliki jika kuliah sambil bekerja. Kamu akan selangkah lebih maju, belajar banyak hal baru, dan pastinya akan menjadi pengalaman berharga serta berguna di masa depan. Kuliah sambil bekerja, siapa takut?!

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan baru buat kamu. Apabila masih ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Jika menurut teman-teman artikel ini bermanfaat, silahkan share ke media sosial melalu tombol di bawah ini ya.

Satu respons untuk “Kuliah Sambil Bekerja, Siapa Takut?! Ini 7 Keunggulannya

Add yours

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑