6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Agar Menjadi Mahasiswa Penuh Prestasi

Tentu kamu nggak mau dong jadi mahasiswa biasa-biasa saja? Mengapa demikian? Saat ini jumlah lulusan sarjana semakin meningkat, artinya saingan dalam mencari pekerjaan akan semakin ketat. Punya gelar sarjana dan IPK saja nggak cukup jadi modal kamu untuk bersaing kelak. Maka dari itu, penting sekali punya skill maupun pengalaman yang menjadi nilai tambah dari kamu.

Selain itu, kegiatan berikut ini dapat membuat kehidupan perkuliahanmu tidak flat serta membantumu untuk mendapatkan beasiswa.

Berikut ini 6 hal yang wajib banget kamu coba selama masih duduk di bangku kuliah. Percaya deh, ini sangat berpengaruh bagi masa depan kamu.

  1. Ikut bergabungan dalam organisasi maupun kepanitiaan

 

ikut-kepanitiaan-bisa-dapat-ilmu-yang-ga-dapat-di-kelas
Rapat kepanitian (sumber gambar: ruangmahasiswa.com)

Organisasi dan kepanitiaan adalah dua hal yang berbeda. Organisasi mahasiswa itu merupakan sebuah lembaga yang diinisiasi mahasiswa untuk mewadahai minat dan bakat mahasiswa dalam menjalankan kegiatan ekstrakurikuler. Jangka waktu bergabung di organisasi umumnya minimal 1 periode atau 1 tahun.  Contohnya: BEM, Himpunan Mahasiswa, Organisasi Kerohaniaan Kampus, dll.

Sedangkan kepanitiaan itu merupakan sekelompok orang (biasanya diutamakan dari anggota organisasi) yang ditunjuk untuk mengurus hal-hal yang ditugaskan komite. Umumnya anggota kepanitiaan mengurus sebuah acara, seminar, kegiatan yang sifatnya sementara. Contohnya: kepanitiaan ospek, kepanitiaan bazar kampus, kepanitiaan Campus Cup, dll.

Dengan bergabung dalam organisasi maupun kepanitiaan, kamu akan melatih softskill yang tidak diajarkan di bangku kuliah seperti: team work, mengutarakan pendapat (rapat), kepemimpinan, tenggang rasa, saling menghargai beda pendapat, menyelesaikan masalah, melakukan perencanaan, dan masih banyak lagi.

Kamu juga akan mempunyai banyak relasi karena sering terlibat dengan orang-orang baru. (Postingan selanjutnya akan membahas detail tentang manfaat organisasi dan cara sukses kuliah sambil berorganisasi)

  1. Ikut kegiatan Volunteer
idntimes.jpg
Jadi volunteer Asian Games (sumber gambar: idntimes.com)

 

Volunteer merupakan kegiatan sukarela yang wajib banget kamu ikuti setidaknya sekali dalam seumur hidup (lebih dari sekali jauh lebih baik). Kegiatan volunteer umumnya berkaitan dengan kegiatan sosial di mana kita membantu tanpa diberi imbalan. Ada juga yang diberi imbalan berupa uang transport atau makan. Namun, jangan pernah jadikan imbalan sebagai alasan utama mengikuti kegiatan ini, ya.

Dengan mengikuti kegiatan volunteer, kamu akan melatih kepekaan sosial, membantu orang lain, serta menambah pengalaman baru yang mungkin berbeda dengan jurusan kuliahmu. Selama berkuliah, aku senang sekali menghabiskan waktu libur atau weekend dengan mengikuti kegiatan volunteer.

Contoh kegiatan volunteer yang dapat kamu lakukan yaitu: relawan bencana alam, gerakan mengajar, ikut konservasi lingkungan, volunteer event (seperti: Asian Games, java jazz festival, pertunjukan,  pameran, dll). Dari mana mendapatkan info seputar volunteer?- Silahkan ikuti akun media sosial volunteer tiap daerah atau @idvolunteering dan @sarjanavolunteer (instagram) untuk info volunteer secara nasional.

  1. Ikut Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
ILUSTRASI-PM.jpg
Mengikuti program PKM maupun PIMNAS (sumber gambar: komunikasi.um.ac.id)

Siapa yang nggak kenal dengan program PKM, salah satu program kemahasiswaan yang hits di kalangan mahasiswa aktif. Program ini dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (DIKTI)  untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan potensi.

Program ini memiliki 7 sub program yaitu PKM-Penelitiian, PKM-Kewirausahaan, PKM- Penerapan Teknologi, PKM-Karya Cipta, PKM-Pengabdiaan Masyarakat, PKM- Artikel Ilmiah, dan PKM-Gagasan Tertulis.

Kamu harus membuat proposal tim berdasarkan sub program yang dipilih. Jika proposalmu lolos, maka kamu dan tim akan didanai untuk mengerjakan program tersebut (kecuali PKM- AI dan PKM-GT). Nanti akan ada monitoring dan evaluasi (monev) hingga penentuan karya yang akan berlanjut menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa (Pimnas).

Di Pimnas, mahasiswa akan berkompetisi dalam skala nasional untuk mengunggulkan karyanya. Pimnas juga berfungsi sebagai forum diskusi dan dialog tentang masalah pembangunan nasional. Untuk info lebih lengkap, kamu dapat mencari informasi lebih lanjut seputar PKM dan PIMNAS.

Namun, yang ingin aku tekanankan adalah kamu wajib banget ikut mencoba program PKM. Setidaknya kamu sudah merasakan sensasi dan perjuangan mengerjakan proposal PKM bersama rekan-rekan lintas jurusan, terlepas didanai atau tidak. Jika didanai bahkan lanjut hingga ke PIMNAS, tentu akan menjadi sebuah kebanggaan dan prestasi baru bagi kamu dan tim.

  1. Berburu Beasiswa
ilustrasi-beasiswa_20151102_213042-tribun
Berburu beasiswa merupakan kegiatan yang bagus untuk kamu lakukan. (Sumber gambar: tribun.com)

Biaya UKT kuliah mahal, salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu mencari beasiswa guna mengurangi biaya kuliah. Secara garis besar, beasiswa terbagi dua yaitu beasiswa kurang mampu dan afirmasi, serta beasiswa berprestasi. Aku sarankan bidiklah beasiswa berprestasi selagi kamu masih mampu (coba perhatikan kriteria beasiswa kurang mampu dan afirmasi). Mengapa demikian? Karena kuliahmu jadi nggak berkah ketika kamu berpura-pura tidak mampu dan merebut jatah teman-teman yang seharusnya menerima beasiswa tersebut.

Selain mendapatkan sejumlah uang, beberapa beasiswa juga memberikan pelatihan softskill maupun fasilitas lainnya kepada beswannya. Berikut adalah artikel tentang beasiswa yang dapat kamu coba selama mengenyam pendidikan S1.

Beasiswa S1 yang dapat kamu coba.

  1. Mengikuti Program Pertukaran Pelajar (Exchange)
youth manual
Perluas relasimu dengan mengikuti program exchange (sumber gambar: youthmanual.com)

Pertukaran pelajar merupakan salah satu kegiatan bergengsi di mahasiswa. Kamu akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti beberapa kegiatan, misalnya: program belajar, magang, penelitian, pelatihan (training), dll. Durasi waktu pertukaran pelajar juga bermacam-macam, mulai hitungan hari, minggu, bulan, bahkan tahun.

Manfaat dari pertukaran pelajar tentu banyak sekali. Kamu dapat merasakan pengalaman di negara lain, melatih kemampuan komunikasi dengan warga negara lain, mengembangkan kemampuan bahasa asing, mendapatkan relasi internasional, dan masih banyak lagi. Tertarik? Silahkan cari informasi pertukaran pelajar semenjak kamu menduduki semester 1.

  1. Mengkuti perlombaan
techasiacom
Ikut lomba itu seru, banyak kenalan, dan banyak hadiah (sumber gambar: techasia.com)

Mengikuti perlombaan merupakan salah satu hal wajib yang harus kamu coba sewaktu kuliah. Terlepas menang atau tidak, kamu akan belajar banyak hal dari mengikuti perlombaan. Jangan berhenti jika kamu mengalami kegagalan. Sangat jarang sekali orang langsung berhasil pada tahap awal mencoba. Lakukan trial dan error, coba kembali karena saat gagal, kita akan tahu letak kekurangan dan bagaimana seharusnya yang baik dan benar.

Jika menang, maka kamu akan mendapatkan hadiah yang lumayan untuk menambah pemasukan dan menjadi portofolio di CV kelak. Tertarik? Ayo ikut lomba. Ada banyak lomba yang bisa kamu ikuti seperti: lomba menulis, karya ilmiah, foto/videografi, business plan, dan lainnya.

Jadi, itulah keenam kegiatan yang harus banget kamu coba selama di bangku perkuliahan. Aku ulang kembali, ada: ikut organisasi maupun kepanitiaan, volunteer, PKM, berburu beasiswa, pertukaran pelajar, dan daftar perlombaan. Jangan biarkan masa kuliahmu flat dan berujung penyesalan selepas wisuda kelak.

***

Pada postingan selanjutnya, aku akan mengulas dunia kampus dan karir lebih banyak lagi. Jadi, jangan lupa subscribe atau klik langganan agar informasi tulisan terbaru muncul di email kamu.

Jika menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share ke teman atau saudara yang membutuhkannya. Terima kasih.

 

 

 

 

2 respons untuk ‘6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Agar Menjadi Mahasiswa Penuh Prestasi

Add yours

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑