Review dan FAQ Jurusan Teknologi Pangan, Jurusan yang Sedang Naik Daun

Halo pejuang masuk kuliah, terimakasih sudah berkunjung ke blog baruku. Kali ini aku aku menulis kembali review tentang jurusan Teknologi Pangan (Food Technology), jurusanku sewaktu kuliah dulu.

Blog ini akan banyak mengulas dunia kuliah dan jurusan lainnya dari teman-temanku. Untuk itu, kamu dapat mengikuti dengan klik tombol follow blog ya.

Moment paling galau pertamaku yaitu ketika hendak menentukan pilihan jurusan di bangku perkuliahan. Jurusan apakah yang harus aku pilih? Mungkin hal itu pula lah yang sedang kalian rasakan saat ini.

Saat itu, salah seorang tentor bercerita singkat tentang sebuah jurusan yang sangat asing bagiku yaitu “Teknologi Pangan”. Akan tetapi, beliau hanya bercerita sekilas, belum memberi gambaran yang bisa memantapkan pilihanku. Walaupun begitu, entah mengapa aku justru semakin tertarik dengan jurusan tersebut dan berusaha mencari review ataupun pengalaman berkuliah di jurusan Teknologi Pangan.

Namun, sayang sekali, di tahun 2013 sangat sulit mencari review jurusan Teknologi Pangan. Udah cari sana-sini tapi cuma nemu dua artikel, itu pun bukan review, hanya curhat pengalaman singkat.

Maka dari itulah, aku sempat berjanji “Kalau aku masuk jurusan TPHP, aku akan review dan suara-in jurusan ini kemana-mana sehingga itu lah yang melatar belakangi nulis di blog” Dan Puji Tuhannya, sampai saat ini viewers tulisanku di blog sebelumnya terus bertambah.

tphp1

Nah, kabar baiknya buat pencari info jaman now, sekarang kalian bisa mengakses banyak informasi tentang jurusan Teknologi Pangan dengan mudah karena saat ini jurusan Tekpang sedang naik daun! (untung tetap jadi milih tekpang walau dulu belum se-hitz sekarang). Banyak pula kampus-kampus negeri maupun swasta yang buka jurusan ini seperti: UNDIP, ITB, dan kampus lainnya.

  • APA ITU TEKNOLOGI PANGAN?

Sebelumnya mari kita kenal lebih dahulu apa yang dimaksud dengan teknologi pangan. Teknologi pangan (food technology) adalah proses penerapan teknologi berdasarkan ilmu pengetahuan mengenai bagaimana penanganan bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) serta pengolahannya dengan menggunakan teknologi terkini guna memperoleh nilai tambah produk pangan itu sendiri dan memperpanjang lifeage produk tersebut.

Kepanjangan ya? Ya udah, singkatnya teknologi pangan merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari proses penanganan dan pengolahan bahan pangan menjadi produk dengan nilai tambah dan umur simpan yang lebih lama.

tphp6
sumber: http://www.satujam.com

Kalau di UGM sendiri jurusan ini bernama Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian. Penambahan kata “Hasil Pertanian” karena produk dan proses yang dipelajari tidak hanya seputar pangan (bahan yang bisa dimakan) saja, tetapi juga hasil pertanian non-pangan seperti karet, tembakau, dan non-pangan minor lainnya (ada rumor sempat mau ganti nama lagi, tapi sepertinya tidak jadi)

  • APA BEDANYA TEKNOLOGI PANGAN – ILMU PANGAN- ILMU GIZI – TATA BOGA – PERTANIAN?

Pertanyaan yang paling sering muncul ketika aku sebutin jurusanku TPHP yaitu oh kamu pertanian ya? Oh masak-masak ya, kayak Tata Boga?

Di UGM, Teknologi Pangan tidak masuk jurusan Pertanian, tetapi masuk jurusan Fakultas Teknologi Pertanian. Nah, di sini letak bedanya. Untuk pertanian lebih menjurus proses on-farm atau berkaitan dengan lahan dan budidaya. Sedangkan Teknologi Pertanian berkaitan dengan off-farm, lebih ke proses pengolahan. Setelah bahan pangan dipanen dari lahan maka tugas teknolog pertanian lah yang melakukan penanganan dan pengolahan.

Selain itu, Teknologi Pangan bukan jurusan tata boga dan tidak concern bidang masak-masak. Selama kuliah sangat jarang dijumpai mata kuliah yang berkaitan dengan masak-memasak. Memang sih ada mata kuliah tata boga (tapi cuma 2sks), ada juga mata kuliah rekayasa proses, sama pengembangan produk. Namun, mata kuliah tersebut ditujukan untuk semester atas dan tujuannya bukan semata-mata untuk membuat produk enak, tapi bagaimana membuat produk dengan memperhatikan efisiensi proses dan penerapan teknologi.

Kita juga tidak hanya mengolah, tetapi mengemas, memperkirakan umur simpan, metode pengawetan dan penyimpanan yang tepat.

Teknologi Pangan juga sering dibanding-bandingkan dengan jurusan Ilmu Gizi. Keduanya jelas berbeda. Goal dari Teknologi Pangan adalah menciptakan para teknolog yang bisa melakukan proses pengolahan yang biasanya diterapkan di industri pangan, sedangkan ilmu gizi lebih fokus ke sumber gizi pangan dan pola konsumsinya. Ilmu Gizi memang membahas pangan juga, tetapi mereka melihat pangan dari sisi kesehatan (makanya jurusan ini masuk dalam Fakultas Kedokteran).

Terakhir yang sering rancu yaitu apakah sama antara Teknologi Pangan (Food Technology) dan Ilmu Pangan (Food Science)? Jawabanya adalah beda, keduanya memiliki fokus yang berbeda pula. Teknologi Pangan fokus kepengolahan dengan penerapan teknologi, sedangkan ilmu pangan fokus pada dasar keilmuan di mana mereka hanya mempelajari sifat bahan pangan.

Saat hendak memilih jurusan ini, kamu harus memperhatikan kurikulum yang digunakan oleh kampus tujuanmu seperti apa, apakah food tech atau food science?

Dari kurikulum yang selama ini saya jalani, TPHP UGM merupakan kombinasi keduanya dengan proporsi dominan pada bidang food technology.

  • APAKAH JURUSAN INI JURUSAN PARA WANITA?
tph.jpg
event Running Food TPHP UGM (sumber: twitter.com/kmtphpugm)

Jelas tidak. Dulu stereotype jurusan teknologi pangan = jurusan masak-memasak sehingga jurusan ini dikata orang ga manly, gak lakik untuk para lelaki. Sayangnya, jurusan ini bukan jurusan tata boga, malah rekomended buat semua gender.

Dulunya, di TPHP, para pria memang menjadi kaum minoritas, tetapi saat ini populasi mereka tiap angkatan makin meningkat. Lelaki di TPHP juga terkenal cakep-cakep (oke… aku puji dan turut mengakui kalian wahai para lelaki TPHP, LOL)

Jadi buat para lelaki tak perlu ragu untuk masuk jurusan ini. Kalian tetap lakik. Tunjukkan kalau lelaki Teknologi Pangan sama kecenya dengan lelaki jurusan teknik 😀

  • APA SAJA YANG DIPELAJARI DI TPHP

tphp3

Untuk semeseter awal kalian masih belajar mata kuliah dasar, agak mirip dengan matpel waktu SMA dulu seperti: kimia dasar 1 dan 2, fisika dasar, matematika dasar, biologi sel, pengantar teknologi pertanian, Kewarganegaraan/Pancasila, Agama, Bahasa Inggris, dll. Untuk UGM, dua semester awal wajib ambil paket mata kuliah (artinya kamu wajib ambil mata kuliah yang disediakan, ga boleh daftar yang lain)

Nanti mulai dari semester 3 baru boleh ambil mata kuliah pilihan yang asik dan menarik, seperti: teknologi susu, tek. Daging dan ikan, pengembangan proses, pengembangan produk, tek. Pengemasan, tek. Kopi, teh, kakao, ilmu gizi, formulasi dan fortifikasi, bioteknologi, tek. Fermentasi,tekn. Enzim, tek. Bakery, manajemen mutu, ekonomi teknik, dasar ekonomi, perancangan pabrik, kewirausahaan, uji sensoris, dan masih banyak lagi..Menarik bukan?

  • PROSPEK KERJA PASCA LULUS TEKNOLOGI PANGAN

Nahh, ini juga yang paling sering jadi pertanyaan.

tphp7

Lulusan teknologi pangan sangat dibutuhkan selama manusia masih memerlukan makanan. Hayo, sampai kapan kita perlu makanan? -Sampai selama-lamanya!! (yaps betul!)

Para lulusan teknologi pangan dibekali banyak ilmu yang bisa diterapkan di dunia kerja. Saat ini industri pangan banyak sekali baik bertaraf lokal, nasional, dan internasional contohnya: Unilever, Nestle, Danone, Indofood, Frisian Flag, Mayora, Garudafood, (duh, banyak banget. Kalau beli makanan kemasan cek aja itu diproduksi pabrik/perusahaan apa).

Kita bisa kerja di sana pada bagian Research and Development (RnD), Quality Control, Quality Assurance, Pengemasan, Supply Chain, Produksi, Laboran, Formulator, Flavor Sensoring, dll. Ini tergantung kamu ambil mata kuliah apa atau suka bagian apa.

Oh ya, ga jarang juga calon maba/maba nanya: Kak, itu nanti bisa jadi manager gak? – Jadi gini, yang aku sebutin di atas namanya divisi/department, sedangkan supervisor, manager, direktur itu namanya posisi/level/jabatan (keduanya ga sama, tapi berkaitan). Masing-masing divisi punya posisi sendiri, misalnya di RnD ada jabatan supervisornya. Jadi tentu saja kamu bisa jadi manager asal usaha dan kerja kerasmu kamu tunjukin saat bekerja.

Tak sedikit juga dari alumni yang buka usaha sendiri bahkan industri pangan.

Ada juga yang nanya, kak bisa jadi PNS ga? Bisa banget. Di angkatanku ada yang udah jadi cpns kok. Tau BPOM? Kementan? Kemenperin? Mereka dan beberapa kementerian lainnya terbuka untuk lulusan teknologi pangan. Kamu juga bisa berkesempatan jadi guru maupun dosen. Kalau kamu mau kerja lintas jurusan juga bisa.

Semuanya tergantung kamu besoknya gimana. Yang pasti Teknologi Pangan merupakan jurusan yang memiliki peluang kerja yang bagus kedepannya, semua tergantung usaha kita.

  • SELAMA KULIAH DI JURUSAN TEKNOLOGI PANGAN KESULITAN APA YANG KAKAK ALAMI?
tphp2
Keluarga TPHP 13 yang selalu bikin semangat kuliah

Selebihnya banyak kebahagiaan, pembelajaran, dan ilmu baru yang aku dapat di sini dan itu jadi bekal untuk masa depan (ga hanya bekal untuk kerja tapi juga bekal jadi istri/suami karena ilmu di Teknologi Pangan sangat aplikatif di dunia nyata, loh).

Kesulitan-kesulitan lainnya yang dihadapi mungkin sama dengan mahasiswa di jurusan saintek mana pun yaitu tugas banyak, tiap hari praktikum di laboratorium, kerjain laporan hasil praktikum dengan deadline singkat, banyak biologi dan kimianya, ya seperti itu. Kalau nurutku sih itu wajar-wajar saja.

Yang terpenting kamu mencintai dan mantap dengan jurusanmu terlebih dahulu. Apalagi kalau kamu memang suka dunia IPA pasti semua kesulitan lebih mudah teratasi. Ditambah lagi TPHP selalu dikenal dengan kekeluargaannya, jadi bikin kamu tambah nyaman. Jangan sampai kamu ansos di kuliah ya, itu tidak baik. (note: di TPHP ga ada senioritas-senioritas gitu. Adik tingkat dan kakak tingkat akrab. Jadi, usahakan kalian tetap jaga kondisi seperti ini ya biar asik gitu kuliahnya)

  • MENDING TEKNOLOGI PANGAN DI KAMPUS MANA KAK?

Kalau yang ini pasti tiap orang punya pertimbangan masing-masing. Misalnya pertimbangan lokasi, lingkungan, nama kampus, akreditas kampus, dan pertimbangan lainnya. Kalau itu tergantung sesuai sama kamu.

Kalau UGM sendiri, jurusan teknologi pangan sudah berakreditas A dan sudah dibentuk selama 50 tahun.

  • SULIT GA MASUK TPHP UGM? BERAPA PASSING GRADE NYA?

UGM sendiri tidak mengeluarkan passing grade dan tidak bisa diprediksikan berapa standar untuk dapat diterima masuk TPHP UGM. Passing grade hanya dikeluarkan oleh lembaga-lembaga Non kampus berdasarkan research mereka sendiri. Ga salah sih kalau kamu mau targetin passing grade gitu karena passing grade dapat membantu meningkatkan latihan try out untuk jurusan pilihanmu.

Di jamanku, passing grade TPHP termasuk tinggi, masuk 10 passing grade tertinggi se UGM. Tapi itu tidak menjamin, hanya sebagai acuan dan pemacu saat try out agar dapat terus meningkatkan nilai dari pencapaian sebelumnya.

  • UGM MAHAL GA SIH KAK?

Ga cuma di UGM, di kampus lain biaya kuliah yang dibayar persemesternya emang mahal sih nurutku semenjak diberlakukannya UKT. Namun, jangan sampai itu jadi penghalang buat kamu kuliah. Ada banyak beasiswa yang ditawarkan, tergantung kamu lihai cari info dan punya sesuatu yang diunggulkan (prestasi). Selain itu, pemerintah juga menyediakan dana bidik misi, di mana kamu dapat berkuliah di PTN dengan gratis.

Coba baca postinganku tentang Jenis-jenis beasiswa yang dapat mahasiswa S1 coba

  • UGM ENAK GA SIH KAK?

Sukses itu tidak berdasarkan dari kampus mana atau pun jurusan apa dirimu, tetapi berdasarkan niat, usaha, dan perjuangan masing-masing. Namun, kalau ditanya pendapat tentang pengalaman hidup di UGM, jujur asik banget. Di sini aku tidak hanya belajar keilmuan, tetapi kekeluargaan, dan nilai-nilai kehidupan lainnya. UGM beri banyak pengalaman baru bagiku. Di tambah lagi posisinya di Kota Yogyakarta yang sangat nyaman juga membuatku betah berada di sana.

Tapi jangan sampai molorin lulus karna terlalu nyaman ya. heheh

***

Oke, segitu dulu ya pembahasan tentang review jurusan Teknologi Pangan. Kapan-kapan aku share tips SBMPTN dan tips tentang perkuliahan di blog yang ini ya. Kalau ada yang masih ingin ditanyakan silahkan komentar di bawah ini aja ya, pasti aku balas. Atau bisa hubungi media sosialku di atas artikel ini.

Share yuk artikel ini ke saudara/adik/teman yang butuh review tentang jurusan kece ini. Aku juga aktif bahas tentang dunia kuliah lho. Jadi, ikuti terus ya.

Artikel terkait

Biar nggak kudet, kenali 25 istilah kampus berikut

Beasiswa S1 yang dapat dicoba

Tips & Trick Lolos SBMPTN

6 Hal yang harus kamu lakukan agar menjadi mahasiswa penuh prestasi

7 Alasan Penting Mengapa Wanita Harus Mengenyam Pendidikan Tinggi

Kuliah sambil bekerja, siapa takut?

Artikel Terbaru

Suka Duka Pacaran Beda Kewarganegaraan

Biar Nggak Kudet, Yuk Kenali 25 Istilah Penting di Kampus

Podcast, Medium Masa Depan yang Penuh Manfaat

26 respons untuk ‘Review dan FAQ Jurusan Teknologi Pangan, Jurusan yang Sedang Naik Daun

Add yours

  1. Kak saya kan sekarang sekolahnya di smk jurusan pertanian, saya itu pengen masuk jurusan TPHP, sementara itu in syaratnya lulusan sma IPA. Terus kira kit says bisa atau tidak ya?

    Suka

  2. Hai Kak, Tulisannya bagus banget!
    Boleh dong di share ke adik-adik siswa lebih luas lagi di Youthmanual. Tulisan Review jurusan kamu bisa dibaca jutaan pelajar indonesia yang lagi merencanakan kuliahnya. monggo di cek kak http://www.youthmanual.com/submit-jurusanku 🙂

    Karena lewat tulisanpun, kita bisa bantu banyak anak muda di Indonesia ga galau lagi milih jurusan dan akhirnya bisa merancang masa depannya dengan baik 🙂

    Thank ya Kak 🙂

    Suka

  3. Btw kak bermanfaat banget blognya!
    Kak mau nanya nih, klo mau jadi dosen TPHP kan minimal kita hrs sampe S2, nah di UGM untk prodi TPHP ada program fast track kak? Mohon responnya ya kak. Terimakasih

    Suka

    1. Bisa. Jadi guru SMK teknologi pangan ada, PNS bidang keguruan khusus jurusan tekpang juga ada. Tapi sempit sekali, lebih baik pilih sarjana pendidikan saja jika dari awal minat jadi guru.

      Suka

    1. Kalau itu kebijakan kampus jd sifatnya privat. Tapi biasanya pertimbangan snmptn nggak hanya mematok nilai tertentu sja, tapi aspek lain mungkin spt prestasi non akademis, prestasi akademis, sekolah/alumni, dll

      Suka

  4. permisi kak, saya sekarang juga masuk di jurusan teknologi pangan dan hasil pertanian UGM kak, tetapi saya sedang overthinking masalah prospek kerja. saya takut sekali kak:( saya pengennya jd PNS tapi apakah peluang lulusan TPHP untuk masuk PNS besar?

    Suka

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑